Tanaman Duku Tanpa Biji dan Cara Merawatnya

Bibit Duku Tanpa Biji – Bibit Duku Tanpa Biji yang buahnya tidak berbiji dan rasanya manis

Tanaman Duku Tanpa Biji dan Cara Merawatnya-Buah duku begitu diminati oleh banyak masyarakat di Indonesia, Buah duku memang sangat terkenal memilii rasa yang manis segar dan menjadikan kita tidak bisa berhenti memakannya. tetapi pernahkah anda saat tengah enak-enaknya makan buah duku, lalu tidak sengaja terkunyah bijinya dan menjadikan rasanya berubah menjadi pahit seketika. Tapi jangan khawatir karena sudah ada Duku tanpa biji.

Buah duku tanpa biji memiliki rasa yang manis, sama seperti rasa duku pada umumnya, tetapi keunggulanya yaitu tidak berbiji, sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak dan tak perlu khawatir tersedak atau merasa pahit.

Buah duku tanpa biji, berbentuk bulat (ada yang bulat memanjang) dengan permukaan berbulu halus berwarna kekuningan. Daging buahnya berupa arilus (salut biji / pembungkus biji) yang berwarna putih bening, tebal dan berair dengan rasa ada yang manis dan masam. Untuk duku tanpa biji, bijinya tidak berkembang tetapi salut bijinya tumbuh tebal dan manis.

Tanaman duku tanpa biji (Lansium domesticum var. duku) merupakan salah satu varian dari Lansium parasiticum (syn. Lansium domesticum) dari famili Meliaceae.

Pohon duku tanpa biji akan menghasilkan bunga yang akan menjadi bakal buah di ujung rantingnya dengan ukuran 9 sampai 21 cm. Buahnya berbentuk bulat (ada yang bulat memanjang) dengan permukaan berbulu halus berwarna kekuningan. Daging buahnya berupa arilus (salut biji / pembungkus biji) yang berwarna putih bening, tebal dan berair dengan rasa ada yang manis dan masam. Untuk duku tanpa biji, bijinya tidak berkembang tetapi salut bijinya tumbuh tebal dan manis. Hal yang unik pada buah duku tanpa biji ini, biasanya tiga hari setelah dipetik kulit buah duku tanpa biji akan berubah dari coklat menjadi hitam. namun kita gak per khawatir karena perubahan yang terjadi tidak merubah rasa dari buahnya.

Cara Budidaya Bibit Duku Tanpa Biji

Tanaman duku tanpa biji dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian tidak lebih dari 650 mdpl dengan curah hujan sekitar 15 mm – 2500 mm per tahun dan suhu sekitar 19°C. Tanah yang baik digunakan untuk budidaya yaitu tanah yang subur, kaya akan bahan organik, dan memiliki aerasi yang baik dengan derajat keasaman atau pH sekitar 6-7.

Pemeliharaan atau perawatan Tanaman duku tanpa biji tergolong mudah, yang perlu anda perhatikan diantaranya yaitu:

Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman duku agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan tidak berebut nutrisi dengan gulma tersebut.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk organik , urea , TSP dan ZA dengan dosis sesuai dengan kondisi dan ukuran pada tanaman duku.

Penyiraman

Lakukan penyiraman yang cukup apabila pada musim kemarau, namun apabila tanaman telah tumbuh dengan kokoh maka penyiraman dapat dilakukan seperlunya saja.

Baca juga: Bibit Duku Tanpa Biji 70cm Unggul

Sekian Informasi tentang Tanaman Duku Tanpa Biji dan Cara Merawatnya, yang bisa kami sampaikan dan semoga bermanfaat.

 

Leave a comment